Translate

Jumat, 07 September 2012

Resensi buku Aisyah


Resensi Buku
Aisyah, yang cerdas,& di Cinta

Judul Buku : Aisyah, yang cerdas, dan yang dicinta
Penulis : Ahmad Ibnu Salim Baduwilan
Diterjemahkan oleh : Kamran As’at Irsyadi Lc.
Penerbit : Irsyad Baitus Salam (IBS)
Kota tempat terbit : Bandung
Tahun terbit: 2007
Tebal : 197 hal
Harga : Rp. 20.000,
 

 










Salah satu nama wanita yang diabadikan dalam Al-Qur’an adalah Ummu Aisyah, istri termuda Rasulullah. Mendengar kata “Aisyah” tentu akan terbanyang oleh kita kecantikan, kecerdasan dalam ilmu hukum, kemampuan menghafal hadist Nabi, kesederhanaan dalam hidup, dan masih banyak lagi yang yang Allah anugerahkan pada beliau.
Buku ini sangat bagus dimiliki muslimah khususnya. Aisyah patut diidolakan dan dijadikan tauladan atas keutamaan yang ia miliki. Dan buku ini dilengkapi sumber yang jelas berdasarkan Al-Qur’an dan hadist, sangat pas bagi siapa pun yang ingin mengetahui hukum islam secara singkat, seperti pada hal 125 buku ini yang menceritakan ketegasan Ummul mukminin dalam mengharamkan kawin mut’ah (kawin kontrak) yang berpegang pada QS. Al-Mu’minuun [23] : 5-7.
Penulis seperti mengajak pembaca ke masa di mana Aisyah hidup, kadang saya yang membaca merasakan jiwa kepolosan Aisyah yang sering mengajak lomba lari , bahkan bermain boneka bersama Rasulullah. Bahkan kecemburuan Aisyah yang sangat humoris membuat saya tertawa kecil. Ada romantisme yang indah dan fitnah yang menyiksa batin tak luput dari kehidupannya.
Adapun kekurangan dari buku ini saya rasa hanya terletak dari covernya yang terkesan buku lama, padahal gaya bahasa buku ini cukup renyah untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bertutur baik, menulis juga yang baik-baik saja